Keunggulan Rangka Motor eSAF: Dari Konsep ke Kenyataan

Rangka Motor eSAF

Jika Anda penggemar sepeda motor matic, Anda mungkin pernah mendengar istilah rangka motor eSAF. Rangka ini adalah teknologi terbaru dari Honda yang digunakan pada sepeda motor matic produksi Indonesia. Namun, apa sebenarnya rangka motor eSAF itu? Apa saja karakteristiknya? Apa tujuan dibuatnya? Kapan mulai digunakan? Motor apa saja yang menggunakan rangka ini? Apa saja kelebihan dan kekurangan rangka ini? Apakah rangka ini mudah patah? Penyebab rangka ini mudah keropos? Penyebab rangka ini berkarat?

Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut dengan lengkap dan mendalam. Simak terus artikel ini sampai habis untuk mengetahui semua informasi tentang rangka motor eSAF.

Pengertian Rangka Motor eSAF

Rangka motor eSAF adalah singkatan dari Enhanced Smart Architecture Frame. Rangka ini adalah inovasi terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) yang dikembangkan khusus untuk sepeda motor matic. Rangka ini dibuat dengan menggunakan pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian disatukan dengan pengelasan laser. Rangka ini memiliki bentuk yang simpel dan ringan, namun tetap kokoh dan stabil.

Rangka motor eSAF pertama kali diperkenalkan oleh AHM pada tahun 2019 saat meluncurkan Honda Genio. Sejak itu, rangka ini terus digunakan pada sepeda motor matic Honda terbaru, seperti Honda BeAT, Honda Scoopy, dan Honda Vario 160. Rangka ini diklaim memiliki banyak kelebihan terkait efisiensi konsumsi bahan bakar dan performa.

Baca Juga :   Cara Memilih Ban Mobil yang Sesuai dengan Kondisi Jalan

Apa Itu Rangka Motor eSAF: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Dan Kekurangannya

Karakteristik Rangka Motor eSAF

Rangka motor eSAF memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari rangka sepeda motor lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik rangka motor eSAF:

  • Rangka ini terbuat dari pelat baja yang ditekuk dan dipres, bukan dari pipa baja seperti rangka konvensional.
  • Rangka ini memiliki lipatan atau tulang di sisi-sisinya yang berfungsi sebagai penguat struktur.
  • Rangka ini hanya terdiri dari dua bagian utama, yaitu rangka underbone dan sub frame.
  • Rangka ini memiliki bobot yang lebih ringan 8 persen dibandingkan dengan rangka skutik Honda sebelumnya.
  • Rangka ini memiliki desain yang simpel dan minimalis, tanpa banyak komponen tambahan.
  • Rangka ini memiliki daya tahan yang lebih baik karena menggunakan bahan baja dan pengelasan laser.
  • Rangka ini memiliki ruang bagasi yang lebih luas dan tangki bahan bakar yang lebih besar.

Kelebihan Rangka Motor eSAF

Rangka motor eSAF memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk sepeda motor matic. Berikut adalah beberapa kelebihan rangka motor eSAF:

  • Lebih nyaman dan mudah bermanuver. Dengan bobot yang lebih ringan, rangka ini membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman dan mudah khususnya ketika bermanuver di jalan. Pengendara juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menggerakkan sepeda motornya.
  • Lebih hemat bahan bakar. Dengan bobot yang lebih ringan, rangka ini juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Hal ini tentu menguntungkan bagi pengendara yang ingin menghemat biaya transportasi.
  • Lebih responsif dan bertenaga. Dengan desain yang simpel dan minimalis, rangka ini juga membuat performa sepeda motor menjadi lebih responsif dan bertenaga. Rangka ini mampu menyalurkan tenaga mesin dengan lebih optimal ke roda.
  • Lebih kokoh dan stabil. Dengan bahan baja dan pengelasan laser, rangka ini juga memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan rangka sebelumnya. Rangka ini mampu menahan beban dan tekanan yang lebih besar tanpa mudah patah atau bengkok. Rangka ini juga memberikan kestabilan yang lebih baik saat berkendara.
Baca Juga :   Penyebab AC Mobil Tidak dingin

Kekurangan Rangka Motor eSAF

Meskipun memiliki banyak kelebihan, rangka motor eSAF juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan rangka motor eSAF:

  • Lebih mahal. Seperti teknologi baru lainnya, rangka motor eSAF cenderung memiliki harga yang lebih mahal daripada rangka sepeda motor konvensional. Hal ini mungkin menjadi hambatan bagi beberapa calon pengguna yang memiliki budget terbatas.
  • Lebih rentan keropos dan berkarat. Karena terbuat dari pelat baja, rangka motor eSAF juga lebih rentan terhadap keropos dan berkarat jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini bisa mengurangi daya tahan dan keindahan rangka. Oleh karena itu, pengguna harus rajin membersihkan dan melapisi rangka dengan anti karat.
  • Lebih sulit diperbaiki. Karena menggunakan pengelasan laser, rangka motor eSAF juga lebih sulit diperbaiki jika mengalami kerusakan. Pengguna harus mencari bengkel resmi atau spesialis yang memiliki alat dan keterampilan yang sesuai untuk memperbaiki rangka ini.

Apakah Rangka eSAF Mudah Patah?

Salah satu isu yang sering muncul terkait rangka motor eSAF adalah apakah rangka ini mudah patah. Beberapa kasus rangka Honda BeAT patah saat digunakan sempat menjadi viral di media sosial dan menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna sepeda motor matic Honda.

Namun, menurut AHM, kasus-kasus tersebut bukan disebabkan oleh kualitas rangka eSAF itu sendiri, melainkan oleh faktor-faktor lain, seperti pemakaian yang tidak sesuai, modifikasi yang tidak tepat, atau tabrakan yang keras. AHM juga menegaskan bahwa rangka eSAF telah melalui uji internal dan eksternal yang ketat dan memenuhi standar kualitas nasional dan internasional.

Oleh karena itu, rangka motor eSAF tidak mudah patah asalkan digunakan dengan benar dan sesuai dengan petunjuk pemakaian. Pengguna juga harus menghindari modifikasi yang berlebihan atau tidak sesuai dengan spesifikasi rangka. Jika terjadi tabrakan atau benturan, pengguna harus segera memeriksa kondisi rangka dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Baca Juga :   Cara memilih motor bekas yang tepat

Penyebab Rangka eSAF Mudah Keropos

Selain patah, isu lain yang sering muncul terkait rangka motor eSAF adalah apakah rangka ini mudah keropos. Beberapa pengguna mengeluh bahwa rangka mereka mengalami keropos atau lubang-lubang kecil di beberapa bagian setelah beberapa tahun pemakaian.

Penyebab utama rangka motor eSAF mudah keropos adalah karena korosi atau reaksi kimia antara baja dengan oksigen dan air. Korosi bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti:

  • Paparan air hujan atau air laut yang mengandung garam.
  • Paparan sinar matahari atau panas berlebih yang membuat baja mengembang dan menyusut.
  • Paparan debu atau kotoran yang menempel pada permukaan baja.
  • Paparan bahan kimia atau cairan asam yang merusak lapisan pelindung baja.
  • Paparan gesekan atau benturan yang membuat lapisan pelindung baja terkelupas.

Untuk mencegah atau mengurangi korosi pada rangka motor eSAF, pengguna harus melakukan beberapa hal berikut:

  • Membersihkan sepeda motor secara rutin dengan air bersih dan kain lembut.
  • Melapisi rangka dengan anti karat atau cat pelindung secara berkala.
  • Menyimpan sepeda motor di tempat yang teduh dan kering.
  • Menghindari kontak langsung dengan air hujan atau air laut.
  • Menghindari kontak langsung dengan bahan kimia atau cairan asam.
  • Menghindari gesekan atau benturan yang keras pada rangka.

Dengan melakukan hal-hal di atas, pengguna bisa memperpanjang usia rangka motor eSAF dan menjaga keindahan sepeda motornya.

Penyebab Rangka eSAF Berkarat

Selain keropos, isu lain yang sering muncul terkait rangka motor eSAF adalah apakah rangka ini mudah berkarat. Beberapa pengguna mengeluh bahwa rangka mereka mengalami karat atau warna coklat kemerahan di beberapa bagian setelah beberapa tahun pemakaian.

Penyebab utama rangka motor eSAF mudah berkarat adalah karena oksidasi atau reaksi kimia antara besi dengan oksigen. Oksidasi bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti:

  • Paparan air hujan atau air laut yang mengandung garam.
  • Paparan sinar matahari atau panas berlebih yang membuat besi mengembang dan menyusut.
  • Paparan debu atau kotoran yang menempel pada permukaan besi.
  • Paparan bahan kimia atau cairan asam yang merusak lapisan pelindung besi.
  • Paparan gesekan atau benturan yang membuat lapisan pelindung besi terkelupas.
Baca Juga :   Cara Memilih Ban Mobil yang Sesuai dengan Kondisi Jalan

Untuk mencegah atau mengurangi karat pada rangka motor eSAF, pengguna harus melakukan beberapa hal berikut:

  • Membersihkan sepeda motor secara rutin dengan air bersih dan kain lembut.
  • Melapisi rangka dengan anti karat atau cat pelindung secara berkala.
  • Menyimpan sepeda motor di tempat yang teduh dan kering.
  • Menghindari kontak langsung dengan air hujan atau air laut.
  • Menghindari kontak langsung dengan bahan kimia atau cairan asam.
  • Menghindari gesekan atau benturan yang keras pada rangka.

Dengan melakukan hal-hal di atas, pengguna bisa memperpanjang usia rangka motor eSAF dan menjaga keindahan sepeda motornya.

Kesimpulan

Rangka motor eSAF adalah teknologi terbaru dari Honda yang digunakan pada sepeda motor matic produksi Indonesia. Rangka ini memiliki banyak kelebihan, seperti lebih nyaman, hemat, responsif, kokoh, dan stabil. Namun, rangka ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti lebih mahal, rentan keropos dan berkarat, dan sulit diperbaiki.